Senin, 13 Agustus 2012

Tips Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah Secara Alami

Tips Cara Menghilangkan Jerawat Pada Wajah Secara Alami
Sangat menjengkelkan bila pada wajah ada bintik-bintik jerawat. Selain risih, jerawat yang ada di wajah juga akan mengurangi penampilan seseorang dan bikin tidak percaya diri. Jerawat bisa terjadi pada siapa saja terutama pada remaja. Dan biasanya remaja yang mempunyai jerawat di wajahnya akan minder kalau berhaul dengan teman-temannya.

Sebelum baca tips menghilangkan jerawat di wajah secara alami baca juga   Tips Hidup Sehat Serta Pola Cara Hidup Sehat Dari kumpulan artikel  kesehatan.  Lalu adakah cara menghilangkan jerawat pada wajah? Tentu saja ada. Tapi jangan menggunakan sembarang obat penghilang jerawat, sebaiknya konsultasikan kepada ahlinya misalnya dokter. Yang paling aman untuk menghilangkan noda bekas jerawat yang ada pada wajah adalah dengan cara tradisional. Hati-hati penggunaan obat berbahan kimia. Karena bisa-bisa bukan jerawat akan bertambah parah. Jika Anda mempunyai masalah jerawat pada wajah dan ingin tips cara menghilangkan jerawat pada wajah secara alami berikut ini ada tips menghilangkan jerawat di wajah :

1. Cucilah wajah minimal 2 kali sehari
Dengan mencuci wajah minimal 2 kali sehari bisa membantu menghilangkan kadar minyak yang terdapat pada permukaan kulit wajah. Kalau kita jarang membersihkannya, kemungkinan bakteri penyebab jerawat akan tumbuh subur di kulit wajah kita. Tapi jangan juga mencuci wajah dengan cara menggosok wajah secara berlebihan karena malah akan meningkatkan produksi minyak sobaceous yang dapat menyebabkan masalah kulit pada wajah. Sebaiuknya bersihkan wajah minimal 2 kali sehari dengan memakai sabun yang lembut.

2. Gunakan kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit anda.
Menggunakan kosmetik sembarangan sangat tidak di anjurkan. Ketahui dulu jenis kulit anda apakah termasuk jenis kulit berminyak, normal atau kering. Kemudian gunakan kosmetik sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.

3. Hindarkan jenis kosmetik yang berminyak.
Secara alamiah setiap wajah sebetulnya akan memproduksi minyak, bahkan untuk jenis kulit kering sekalipun. Jadi sebisa mungkin hindarilah pemakaian kosmetik yang berlebihan karena minyak dan debu akan menjadi media bakteri penyebab jerawat untuk bermukim di wajah kita.

4. Sehabis mencuci wajah dengan air Keringkan wajah dengan handuk.
Keringkanlah wajah Anda dengan handuk yang bersih setelah mencuci muka atau setelah mandi, karena biasanya bakteri juga sangat menyukai tempat yang lembab dan hangat.

5. Perbanyak mengkonsumsi minum air putih.
Secara keseluruhan tubuh setiap orang mengandung air hampir sekitar 70%. Dengan membiasakan minum air minimal kurang lebih sekitar 2 liter sehari, maka kulit kita akan selalu fit dan sehat.

6. Membiasakan mencuci muka sebelum tidur.
Setelah seharian melakukan aktivitas biasanya kulit wajah akan kotor juga lelah. Nah waktu akan tidur bersihkan wajah anda dengan cara dibasuh. Biasakan selalu mencuci wajah anda sebelum tidur agar kulit beregenerasi dengan baik.

7. Banyak mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah buahan segar.
Sayur dan buah sangat bagus untuk menjaga kesegaran tubuh, karena banyak kandungan vitamin yang di butuhkan oleh tubuh. Perbanyaklah makan sayur atau buah segar, terutama yang banyak mengandung vitamin E atau C. Jika kulit sehat, maka jerawat juga akan sukar untuk tumbuh dan berkembang.

8. Istirahat yang cukup dan teratur.
Biasakanlah untuk tidur yang cukup dan teratur. Karena kulit juga butuh istirahat. Saat sedang tidur, kulit juga akan beregenerasi dengan membuang racun-racun yang berbahaya bagi tubuh sehingga ketika kita bangun tidur keesokan harinya kulit juga akan kebali segar.

9. Jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi makanan yang berlemak tinggi.
Misalnya makan coklat, kacang, permen dan makanan berminyak yang dapat merubah gestur kulit Anda.

10. Konsultasi ke dokter ahli kulit.
Tidak ada salahnya kalau dalam jangka waktu tertentu datang ke dokter kulit untuk berkonsultasi. Hal ini jika keluhan jerawat pada wajah Anda sulit di hilangkan. Minta saran dan petunjuk dari dokter Anda bagaimana cara merawat wajah yang baik dan tepat agar wajah Anda bersih dari jerawat.