Rabu, 21 November 2012

Hukum Permintaan dan Penawaran Ilmu Ekonomi

A. Pengertian/Arti Definisi Permintaan

Dalam ekonomi terdapat permintaan (demand) dan penawaran (supply) yang saling bertemu dan membentuk satu titik pertemuan dalam satuan harga dan kuantitas (jumlah barang). Setiap transaksi perdagangan pasti ada permintaan, penawaran, harga dan kuantitas yang saling mempengaruhi satu sama lain.
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu. Sedangkan pengertian penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.
Contoh permintaan adalah di pasar kebayoran lama yang bertindak sebagai permintaan adalah pembeli sedangkan penjual sebagai penawaran. Ketika terjadi transaksi antara pembeli dan penjual maka keduanya akan sepakat terjadi transaksi pada harga tertentu yang mungkin hasil dari tawar-menawar yang alot.

B. Jenis Permintaan terbagi:
1. Permintaan mutlak (absolute demand)
Permintaan terhadap barang dan jasa yang harus dipenuhi tanpa mempertimbangkan keuangan yang ada.
Misalnya :
a.Membeli obat pada saat sakit membayar iuran pendaftaran pada sekolah yang baru.

2. Permintaan Efektif (effective demand)
Permintaan terhadap barang dan jasa yang dibarengi kemampuan untuk membayar atau membeli.

C. Kurva Permintaan (demand curve)
Kurva yang menggambarkan hubungan antara harga suatu barang dengan jumlah barang yang diminta. Contoh :
Terdapat data harga barang dalam table sbb :
Periode Harga (P) Jumlh Permintaan (Q)
1 Rp. 8000 5 unit
2 Rp. 6000 10 unit
3 Rp. 4000 15 unit
4 Rp. 2000 20 unit

Dari data table, maka dapat digambarkan dalam grafik.

D. Hukum Permintaan
Jumlah permintaan akan berbanding terbalik dengan harga barang yang diminta. Bunyi Hukum Permintaan “ Bila harga satu barang naik, maka permintaan terhadap barang akan berkurang. Dan apabila harga turun, maka permintaan terhadap barang akan bertambah”
Hukum Permintaan akan berlaku, apabila terpenuhi syarat-syarat Cateri Paribus:

1. Pendapatan konsumen tetap
2. Kebutuhan konsumen tetap
3. Selera kosumen tetap
4. Harga barang0barang lain tetap
5. Tidak ada barang pengganti
6. Perubahan harga dianggap tidak akan berkelanjutan
7. Barang yang dibeli bukan merupakan barang Prestige

E. Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan:
1. Harga konsumen
Harga barang yang dinilai oleh konsumen terlalu mahal,mengakibatkan jumlah permintaan berkurang.
2. Kebutuhan terhadap barang
Kebutuhan yang sifatnya mendesak dapat mengakibatkan permintaan berubah.
3. Besarnya pendapatan
Pendapatan yang besar mengakibatkan permintaan bertambah.
4. Kebijakan pajak
Pengenaan pajak atas barang-barang yang dirasa memberatkan mengakibatkan permintaan berkurang, sebaliknya pengenaan pajak yang ringan akan mendorong permintaan bertmbah.
5. Usia Konsumen
6. Kebiasaan Konsumen
7. Jumlah barang yang tersedia
8. Kegunaan barang

F. Penggeseran Kurva Permintaan
1. Kurva permintaan akan bergeser ke kanan atas apabila jumlah permintaan bertambah. Jumlah permintaan barang/jasa bertambah, dari 10 unit menjadi 15 unit
2. Kurva permintaan akan bergeser ke kiri bawah apabila jumlah permintaan berkurang. Jumlah permintaan barang dan jasa berkurang, dari 25 unit menjadi 20 unit.

G. Fungsi Permintaan

Hubungan matematis antara harga dan jumlah barang terhadap permintaan suatu barang. Jumlah permintaan terhadap barang/jasa dapat iselesaikan secara matematis dengan menyelesaikan fungsi persamaan permintaan.

H. Pengertian Penawaran

Penawaran adalah jumlah barang dan jasa yang ditawarkan pada suatu tingkat harga tertentu, pada saat tertentu, dan di suatu pasar tertentu pula.
Penawaran produsen timbul akibat adanya motif produksi (Motif Produksi : usaha untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dan meminimumkan kerugian)

a.Kurva Penawaran (Supply curve)
Kurva yang menggambarkan hubungan antara harga dengan jumlah barang yang ditawarkan pada suatu saat tertentu.


Contoh : terdapat data harga barang dalam table sbb:
Periode Harga (P) Jumlah Penawaran (Q)
1 Rp. 2.000 20 unit
2 Rp. 4.000 40 unit
3 Rp. 6.000 60 unit
4 Rp. 8.000 80 unit

b. Penggeseran Kurva Penawaran

1. Kurva penawaran akan bergeser ke kanan bawah, bila jumlah penawaran bertambah. Jumlah penawaran bertambah, dari 15 unit menjadi 20 unit.
2. Kurva penawaran akan bergeser ke kiri atas, bila jumlah penawaran berkurang. Jumlah penawaran berkurang, dan 40 unit menjadi 20 unit.

c. Hukum Penawaran
Jumlah Penawaran berbanding lurus dengan harga barang. Bunyi Hukum Penawaran “Bila harga naik, maka jumlah barang yang ditawarkan akan bertambah. Sebaliknya bila harga turun, maka jumlah barang yang ditawarkan berkurang”

d. Faktor-faktor yang mempengaruhi Penawaran:

1. Besarnya biaya produksi
Harga bahan baku yang mahal akan mengakibatkan tingginya biaya produksi dan menyebabkan produsen menawarkan barang dalam jumlah terbatas untuk menghindari kerugian karena takut tidak laku.

2. Jumlah barang yang diproduksi
3. Harga barang-barang lain
4. Jumlah barang yang tersedia di pasar
5. Harapan harga oleh pemerintah
6. Penetapan harga oleh pemerintah
7. Luas sempitnya daerah pemasaran
8. Kebijakan di bidang perdagangan

e. Pengaruh Harga terhadap Jumlah Penawaran:
Dilihat dari sudut penawaran, harga merupakan pegangan prrodusen yang menawarkan barang di pasar. Harga yang tinggi akan memudahkan produsen untuk menawarkan barang. Dan harga yang rendah akan mempersulit produsen untuk menawarkan barang, sehingga jumlah penawaran berkurang.

Dilihat dari Penawaran, penjual dapat dibedakan:
1. Penjual Supermarginal
2. Penjual Marginal
3. Penjual Sub Marginal

f. Fungsi Penawaran
Hubungan matematis antara harga dan jumlah barang terhadap penawaran suatu barang. Jumlah penawaran terhadap barang/jasa dapat diselesaikan secara matematis dengan menyelesaikan fungsi persamaan permintaan.


I.Pengertian Harga Keseimbangn (equilibrium price)

Harga keseimbangan disebut juga sebagai harga pasar,yaitu: suatu keseimbangan antara jumlah barang yang diminta dengan jumlah barang yang ditawarkan pada suatu harga tertentu. Harga keseimbangan ditentukan oleh kekuatan permintaan dan penawaran.


J.Proses terbentuknya harga keseimbangan

Pada dasarnya harga yang berlaku di pasar ada yang ditetapkan oleh Pemerintah dan ada yang ditetapkan Pemegang Monopoli, sehingga tidak melalui proses menawar, tetapi ada yang terbentuk dan interaksi antara permintaan dan penawaran di pasar yang membentuk harga keseimbangan.
Perhitungan matematis yaitu menentukan harga keseimbangan secara matematis berdasarkan fungsi permintaan dan penawaran.